Senin, 30 Maret 2009


“JANGAN PERNAH MERASA BAHWA KITA BISA SEGALANYA”
Khalid bin walid adalah seorang gubernur yang agung serta panglima perang muslim yang gagah perkasa karena kemampuannya dalam memimpin pasukan muslim selama perang yang terjadi pada masanya. Akan tetapi beliau telah melewati batas tabir yang hampir tak terlihat tanpa mata hati yang tajam.
Keperkasaan, keagungan dan kebesaran namanya akibat kemenangan-kemenangan yang ia dapatkan telah mendorong hasrat dan kesenangannya keluar dari batas-batas kewajaran (rationabilitas).
Karena kesenangannya, sekali waktu ia pernah memberikan 10.000 dinar kepada seorang penyair yang telah mengabadikan kebesaran dan ketenaran namanya dalam bait-bait syair yang indah.
Walaupun uang tersebut keluar dari koceknya sendiri akan tetapi perasaan senang akan kemenangan, kebesaran dan kegagahan tersebut menjadi tidak rasional, karena kesemuanya merupakan milik Allah S.w.t.
Kita datang tanpa punya apa-apa, terlalu banyak jasa orang-orang yang ada disekeliling kita untuk kita merasa bahwa kita punya dan bisa segalanya atau merasa besar……..
Dan harga 10.000 dinar terlalu besar untuk sebuah pujian walau keluar dari kocek pribadi seorang Khalid bin walid……
“Dan itu pulalah alasan
kenapa Umar. Bin Khatab memecatnya dari jabatan”
saat itu juga……!!!!!!!!!

Tidak ada komentar: